Skip to main content

OBJEK WISATA DI KABUPATEN PEMALANG, JAWA TENGAH

Pemalang merupakan sebuah kota yang terletak di Provinsi Jawa Tengah, diapit oleh kota Tegal disebelah barat, Pekalongan disebelah timur, dan Purbalingga disebelah selatan, kalo sebelah utara yaa laut jawa, karena Pemalang merupakan kota pesisir yang berada di garis Pantai Utara Pulau Jawa, namun meskipun merupakan kota pesisir Pemalang juga mempunyai dataran tinggi didaerah selatan dengan udara yang sejuk dan masih banyak terdapat hutan-hutan. karena diapit oleh beberapa kota yang mempunyai logat bahasa jawa khas maka masyarakat di Pemalang juga mempunyai logat yang bermacam-macam yang dipengaruhi oleh daerah disekitarnya. masyarakat daerah selatan mempunyai logat jawa seperti daerah purbalingga, banyumas, purwokerto, masyarakat daerah barat mempunyai logat Tegal, dan masyarakat timur mempunyai logat Pekalongan.
sebelumnya saya sudah memposting makanan khas Pemalang (Grombyang, Kamir, Sate Loso, Lontong Dekem) dan Pemalang pun ternyata mempunyai banyak objek wisata yang bisa dikunjungi, meskipun beberapa diantaranya belum dimanfaatkan secara maksimal oleh pemda setempat (selama ini terkesan hanya pantai widuri saja yang menjadi objek wisata utama di Pemalang).

1. PANTAI WIDURI
Obyek wisata terfaforit masyarakat pemalang Lokasi di Desa Widuri Kabupaten Pemalang (+ 3 Km Utara Kota Pemalang). Pantai Widuri merupakan obyek Wisata Pantai berhawa sejuk, pohon-pohon besar dan rindang berusia ratusan tahun yang berjajar rapi sepanjang bibir pantai. Senja hari para pengunjung dapat menikmati panorama sun set yang menawan. Lapangan tenis, panggung hiburan dan sarana mainan anak-anak. Obyek Wisata ini mudah dijangkau dengan berbagai macam jenis kendaraan. sekarang faselitas bermainya lebih lengkap tak kalah dengan obyek wisata ditempat lain. ada track racing, water park, dll.

2. PANTAI BLENDUNG
Pantai Blendung terletak 27 km di arah timur laut dari ibu kota Kabupaten Pemalang. Suasana laut yang tenang dan pemandangan indah, terutama pada saat matahari terbit. Fasilitas yang tersedia adalah warung-warung makan yang menyajikan makanan khas Pemalang, taman bermain anak dan gardu pandang yang mengagumkan.

3. PANTAI JOKO TINGKIR
Terletak di Desa Loning Kecamatan Petarukan (+ 12 Km Timur Laut Kota Pemalang). Obyek Wisata ini merupakan Obyek Wisata Pantai yang masih alami. Di pantai ini tersaji elok panorama laut biru, burung camar dan perahu-perahu tradisional. Senja hari banyak muda-mudi menyaksikan panorama sunset.

4. KOLAM RENANG DAN PERISTIRAHATAN MOGA
Lokasi di Desa Moga Kecamatan Moga (+ 41 Km arah selatan Kota Pemalang). Obyek Wisata ini berupa Kolam Renang alami dan Kawasan Peristirahatan yang berhawa sejuk yang dikitari panorama alam pegunungan. Kolam Renang Moga dilengkapi fasilitas Lapangan Tennis dan Hotel. Bagi penggemar buah-buahan tak jauh dari Obyek Wisataini terdapat kios-kios yang menyediakan aneka buah-buahan seperti nanas, alpukat dan rambutan.

5. CEMPAKA WULUNG
Terletak di Desa Banyumudal Kecamatan Moga (+ 44 Km Selatan Kota Pemalang). Obyek Wisata ini merupakan kawasan hutan pinus dimana terdapat banyak sekali sumber-sumber mata air jernih. Cepaka wulung saat ini dilengkapi dengan fasilitas Kolam Renang Alami dan Panggung Hiburan. Obyek Wisata ini cocok untuk olah raga hiking dan camping.Saya dulu sering ketempat ini udaranya segar dan sangat indah pemandanganya.

6. CURUG SIBEDIL

Sebuah Curug dengan ketinggian + 20 meter ini terletak di Desa Sima Kecamatan Moga (+/- 46 Km arah Barat Daya Kota Pemalang). Dinamai Sibedil karena tidak jauh dari lokasi obyek ini terdapat sebuah batu yang bentuknya mirip sebuah bedil (senapan laras panjang). Curug ini menyajikan suasana damai sehingga tempat ini cocok untuk melepas kejenuhan dari rutinitas sehari-hari.

7. CURUG BARONG
Terletak di Desa Gunung Jaya Kecamatan Belik (+ 51 Km arah Tenggara Kota Pemalang). Curug dengan ketinggian + 25 meter ini terletak diantara celah bukit. Untuk mencapai lokasi curug ini perlu jalan kaki sejauh + 3 Km dengan mendaki dan menuruni bukit. Begitu sampai di kaki curug segala penat akan hilang karena menyaksikan panorama dan menikmati suasana kedamaian di curug ini.

8. CURUG SIPENDOK
Terletak di Desa Mandiraja Kecamatan Moga (+ 50 Km arah Barat Daya Kota Pemalang). Curug Sipendok memiliki ketinggian + 7 meter yang dikelilingi panorama alam pegunungan dan berhawa sejuk. Disekitar obyek ini terdapat banyak batuan artistik yang menambah asri suasana sekitar.

9. CURUG BENGKAWAH
Terletak di Desa Sikasur Kecamatan Belik (+ 35 Km arah Selatan Kota Pemalang) merupakan sebuah curug elok dengan ketinggian sekitar 20 meter. Curug ini mengalirkan air yang tak pernah kering dan menciptakan suasana damai sekitarnya. Bagi pecinta olah raga hiking, tempat ini amat cocok untuk tujuan rekreasi.

10. CURUG LAWANG
Terletak di Desa Mendelem Kecamatan Belik (+ 47 Km arah Tenggara Kota Pemalang). Curug Lawang memiliki ketinggian + 12 meter dan lokasinya terapit diantara bukit-bukit batu yang dikitari oleh panorama alam pegunungan. Tempat ini cocok untuk penggemar olah raga jalan kaki.

11. TELAGA SILANTING
Terletak di Desa Sikasur Kecamatan Belik (+ 33 Km arah Selatan Kota Pemalang). Telaga Silating diapit oleh bukit-bukit berpanorama indah. Obyek Wisata ini amat potensial untuk wisata tirta. Pada bulan-bulan tertentu di Obyek Wisata ini dipentaskan musik dangdut yang dipagelarkan di atas panggung hiburan yang lokasinya tepat berada diatas telaga.

12. TELAGA RENGGANIS
Terletak di Desa Gapura Kecamatan Watukumpul (+ 63 Km Tenggara Kota Pemalang). Telaga Rengganis terletak diantara bukit dan hutan pinus. Obyek Wisata ini amat cocok untuk camping dan hiking. Mendirikan tenda di tepian telaga, memancing ataupun menikmati suasana alam pegunungan merupakan rekreasi yang menentramkan jiwa. Tempat ini juga cocok untuk wisata tirta.

13. GUNUNG GAJAH
Terletak di Desa Gongseng Kecamatan Randudongkal (+ 35 Km arah Barat Daya Kota Pemalang). Gunung Gajah memiliki ketinggian + 1.100 meter dari permukaan laut. Dinamakan Gunung Gajah karena bentuknya yang mirip sosok seekor gajah. Bagi penggemar olah raga panjat tebing gunung ini menyajikan medan yang menantang. Dari puncak gunung yang sebagian besar terdiri dari bebatuan raksasa ini terhampar panorama yang indah.

14. BUKIT MENDELEM
Terletak di Desa Mendelem Kecamatan Belik (+ 45 Km arah Selatan Kota Pemalang). Bukit ini memiliki ketinggian +/- 1.450 meter dari permukaan laut dan sebagian besar terdiri dari batuan diorit. Sepintas bukit ini tampak bagaikan pahatan pualam.Bagi penggemar olah raga panjat tebing, bukit ini amat cocok untuk tujuan rekreasi.
15. GOA GUNUNG WANGI
Terletak di Desa Kuta Kecamatan Bantabolang (+ 26 Km arah Barat Daya Kota Pemalang). Gugusan Goa Gunung Wangi terdiri dari lima buah goa yaitu Goa Pengantin, Goa Buyung, Goa Laren, Goa Bandung dan Goa Siluman. Goa Buyung adalah yang terbesar dan terpanjang. Konon ujung lorongnya menembus hingga perbatasan Jawa Barat. Dibawah lorong-lorong Goa tersebut terdapat panorama bawah tanah berupa batuan Stalagtit yang dikeremangan lorong goa tampak begitu kharismatis dan menciptakan kesan mistis.

16. BARITAN
Adalah Upacara Melarung kepala kerbau dan makanan, minuman serta buah-buahan ke tengah laut. Acara ini diselenggarakan oleh para nelayan sebagai ungkapan rasa syukur. Upacara ini diikuti oleh ratusan perahu yang telah dihias berwarna-warni. Selesai upacara diadakan berbagai macam hiburan selama tiga hari tiga malam berturut-turut. Baritan dilaksanakan tiap tahun sekali yaitu, tiap hari Selasa atau Jum’at Kliwon pada setiap bulan Maulud.

Comments

  1. masih banyak lagi gan,, masih ada pantai sumur pandan,, alas roban dan pantai cemoro sewu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. alas roban bukannya itu ikut batang ya? sumur pandan dan pantai cemoro sewu saya kurang tau, mohon silakan dishare ke kami data lengkap seperti alamatnya bisa bisa dijadikan destinasi wisata teman-teman

      Delete
  2. IKi wong pemalang, kudu bangga dadi warga pemalang

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

MEMBUAT DOMAIN NAME EMAIL PRIBADI

bagi yang bosen ama domain name email standar kaya @gmail.com, @yahoo.com, @yahoo.co.id, kalian bisa menggunakan domain name sendiri, kan gak keren lo email perusahaan pake domain name umum, ketahuan banget tu perusahaan g bermodal wat bikin domain name email yang premium. tapi jangan takut, cara dibawah ini 100% FREE, caranyapun mudah, hanya saja butuh proses agak lama. tapi aku jamin dalam 48jam kalian bisa memiliki domain name pribadi seperti @bambang.co.cc, @merdeka-jateng.co.cc, dll. langsung aja berikut caranya: Langkah pertama: Masuk ke website co.cc, dan pada halaman depan tersebut, Anda akan melihat kotak pengecekan domain. Masukkan nama yang Anda inginkan, kemudian click Check Availability. Pastikan bahwa untuk nama domain tersebut tertulis Free. Jika tersedia, tetapi diharuskan membayar jumlah tertentu, Anda dapat mengulangi dengan memasukkan nama domain yang lain pada kotak pengecekan di bawahnya, kecuali memang Anda bersedia untuk membayarnya. Jika sudah, click Continue

Install Modem SmartFren Connex AC682 di Ubuntu

berikut cara install modem smartfren connex AC682 di ubuntu. diambil dari forum ubuntu indonesia secara garis besar yang perlu dipersiapkan adalah 1. instal wvdial, karena dengan konfigurasi modprobe biasa pada applet panel network manager dikenali sebagai modem GSM. 2. konfigruasi wvdial untuk smartfren 3. konfigurasi usb_modeswitch 4. dan konfigurasi file .rules berikut adalah langkah milih pinsuit dan einhejars, perbedaanya dua cara tersebut adalah pada konfirugasi file .rules (lihat langkah 10 milik pingsuit dan langkah 9 milik einhejars) berikut langkah-langkahnya :

TIPS : Membersihkan Cermin

cermin dikamar mandi anda terlihat hitam kusam? bayangan kita tak terlihat? kondisi cermin yang sudah lama tidak dibersihkan memang akan menjadi kusam, sehingga untuk bercermin saja bayangan kita menjadi tidak jelas. untuk membersihkan kotoran pada cermin tersebut sebenarnya sangat sederhana. cukup anda oleskan odol atau pasta gigi pada cermin anda, lalu gosoklah dengan sikat gigi bekas atau bisa menggunakan kain lap bersih secara memutar, setelah seluruh bagian cermin digosok dengan rata maka bilaslah dengan air dan lihatlah hasilnya, cermin anda kembali memantulkan bayangan kita dengan jelas.