Skip to main content

Fixed: XAMPP Component Status Check failure [3]

Setelah hasil uji coba xampp untuk windows dari versi 1.6.3, 1.6.4, 1.6.8, 1.7.1, 1.7.3, 1.7.4, 1.7.7, sepertinya yang versi 1.7.3 mempunyai banyak bug karena program-program web saya jadi kacau ketika dibuka pada browser, padahal versi php 5.2 yg ada di xampp 1.7.3 tersebut sama dengan versi sebelumnya (xampp 1.7.1 juga menggunakan php versi 5.2) dan extension php_printer.dll perlu ditambahkan sendiri pada xampp versi 1.7.1 keatas, letakkan pada direktori xampp\php\ext. xampp 1.7.1 kebawah sudah diikut sertakan extension php_printer.dll, hanya saja secara default statusnya masih disable, kita perlu mengaktifkannya dengan merubah konfigurasi pada file php.ini yang terletak difolder xampp\php. hilangkan tanda ; didepan tulisan extension=php_printer.dll. kemudian restartlah service apache pada xampp. extension ini hanya support sampai xampp 1.7.4 karena belum ada pengembangan lagi sejak 2010. untuk versi xampp 1.7.7 belum tersedia update extension php_printer.

ekstensi php_printer.dll merupakan modul php agar kita dapat mencetak langsung ke printer (direct printing) untuk program-program berbasis web yang membutuhkan nota ataupun laporan maka diperlukan cara mencetak yang lebih cepat, karena umumnya programmer php akan menggunakan 2 untuk mencetak data dengan php, antara lain:
1. menggunakan fungsi javascript print.window()
2. mencetak teks dalam bentuk PDF yang dimuat dalam browser lalu diprint.

jika ekstensi sudah dipasang silahkan coba mencetak langsung dengan printer anda. berikut script untuk testing cetak langsung menggunakan ekstensi php_printer.dll. simpan dengan nama testprinter.php dan taruh difolder htdocs pada xampp

<?php  
$lipsum = 'Eh, ini adalah testing aplikasi cetak teks langsung ke printer dengan PHP lhoo....'; /* contoh text */
$printer = printer_open("Canon iP2700 series");  /* tulis dan buka koneksi ke printer */  
printer_write($printer, $lipsum); /* write the text to the print job */ 
printer_close($printer);  /* close the connection */
?>

untuk mencetak data secara langsung ke printer pada linux bisa menggunakan CUPS dan jika anda ingin melakukan direct printing ke printer dot matrix berikut cara yang dijelaskan di mocopat.wordpress.com. disitu dijelaskan cara mencetak nota langsung ke printer dot matrix tanpa menggunakan fungsi javascript print.window(), dirubah ke bentuk pdf, ataupun extension php_printer.dll

saya sendiri menggunakan xampp versi 1.7.4, perbedaanya dari versi sebelumnya adalah pada xampp 1.7.4 sudah menggunakan php versi 5.3, jika ada semacam error saat membuka xampp control panel itu merupakan sebuah bug saja dan kasus yang saya temukan bug tersebut terjadi saat kita menginstall xampp 1.7.4 pada windows 7 64bit, sebenarnya bug tersebut tidak mengganggu fungsi-fungsi dari xampp itu sendiri. jika kalian menemukan bug yang sama dengan tulisan

XAMPP Component Status Check failure [3].
Current directory: C:\xampp
Run this program only from your XAMPP root directory.

langkah untuk memperbaikinya adalah buka dan edit registry windows dengan cara ketikan regedit pada kotak dialog run, kemudian arahkan ke HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Wow6432Node\xampp. rubah isi Install_Dir, yang semula c:\xampp menjadi c:\\xampp (double backslash)

berikut extensi php_printer.dll untuk php versi 5.3 pada xampp 1.7.4, download php_printer-svn20100319-5.3-vc6-x86.zip

Comments

  1. thanks gan, sudah teratasi errornya

    ReplyDelete
  2. Sebelumnya saya makainya yang xampp versi terbaru , dan printer tidak terdeteksi meski sudah berkali-kali menaruh php_printer.dll dan restart apache, tapi tetap saja tidak bisa.

    Tapi setelah mencoba mengikuti cara agan, sekarang printer bisa terdeteksi, makasih banyak gan :D

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

MEMBUAT DOMAIN NAME EMAIL PRIBADI

bagi yang bosen ama domain name email standar kaya @gmail.com, @yahoo.com, @yahoo.co.id, kalian bisa menggunakan domain name sendiri, kan gak keren lo email perusahaan pake domain name umum, ketahuan banget tu perusahaan g bermodal wat bikin domain name email yang premium. tapi jangan takut, cara dibawah ini 100% FREE, caranyapun mudah, hanya saja butuh proses agak lama. tapi aku jamin dalam 48jam kalian bisa memiliki domain name pribadi seperti @bambang.co.cc, @merdeka-jateng.co.cc, dll. langsung aja berikut caranya: Langkah pertama: Masuk ke website co.cc, dan pada halaman depan tersebut, Anda akan melihat kotak pengecekan domain. Masukkan nama yang Anda inginkan, kemudian click Check Availability. Pastikan bahwa untuk nama domain tersebut tertulis Free. Jika tersedia, tetapi diharuskan membayar jumlah tertentu, Anda dapat mengulangi dengan memasukkan nama domain yang lain pada kotak pengecekan di bawahnya, kecuali memang Anda bersedia untuk membayarnya. Jika sudah, click Continue

Install Modem SmartFren Connex AC682 di Ubuntu

berikut cara install modem smartfren connex AC682 di ubuntu. diambil dari forum ubuntu indonesia secara garis besar yang perlu dipersiapkan adalah 1. instal wvdial, karena dengan konfigurasi modprobe biasa pada applet panel network manager dikenali sebagai modem GSM. 2. konfigruasi wvdial untuk smartfren 3. konfigurasi usb_modeswitch 4. dan konfigurasi file .rules berikut adalah langkah milih pinsuit dan einhejars, perbedaanya dua cara tersebut adalah pada konfirugasi file .rules (lihat langkah 10 milik pingsuit dan langkah 9 milik einhejars) berikut langkah-langkahnya :

TIPS : Membersihkan Cermin

cermin dikamar mandi anda terlihat hitam kusam? bayangan kita tak terlihat? kondisi cermin yang sudah lama tidak dibersihkan memang akan menjadi kusam, sehingga untuk bercermin saja bayangan kita menjadi tidak jelas. untuk membersihkan kotoran pada cermin tersebut sebenarnya sangat sederhana. cukup anda oleskan odol atau pasta gigi pada cermin anda, lalu gosoklah dengan sikat gigi bekas atau bisa menggunakan kain lap bersih secara memutar, setelah seluruh bagian cermin digosok dengan rata maka bilaslah dengan air dan lihatlah hasilnya, cermin anda kembali memantulkan bayangan kita dengan jelas.