Skip to main content

INSTAL DRIVER VGA NVIDIA DI UBUNTU 10.04 "Lucid Lynx"


bagi teman-teman pecinta linux dan ubuntu pada khususnya pasti akan sedikit bingung ketika pertama kali menggunakan ubuntu 10.04 "lucid lynx", permasalahan utama yang muncul adalah pada saat kita menginstal driver, saya tidak tahu dengan driver yang lain, karena mulai ubuntu 9.10 "karmic koala" driver komputer saya yang belum terbaca hanyalah driver VGA.

jika pada ubuntu 8.10 "jaunty jackalop" dan seri sebelumnya sudah ada file xorg.conf sehingga memudahkan peginstalan driver VGA, kemudian pada seri 9 file tersebut tidak ada sehingga kita harus membuatnya sendiri secara manual, maka pada seri 10 ini beda lagi. bagi kalian yang ingin merasakan "lucid" tidak usah takut, banyak jalan menuju Roma, apa lagi pada "lucid" sudah terdapat perbaikan-perbaikan, seperti penampilan yang sekarang sudah tidak terlihat kuno-kuno amat, penambahan fitur-fitur seperti openOffice 3.2, mozilla firefox 3.6.3,dll, kemudian yang paling saya suka adalah performanya yang jauh lebih handal, seperti waktu booting yang lebih cepat, waktu instal yang lebih cepat,dll...nah sekarang inilah step by step instal driver pada ubuntu 10.04
Downlaod driver NVIDIA disini dan diletakkan pada /home/user_anda/
1. Blacklist beberapa module yg mengganggu

caranya buka terminal dan ketikkan perintah berikut
sudo gedit /etc/modprobe.d/blacklist.conf

tambahkan baris – baris di bawah ini di bagian akhir file :
blacklist vga16fb
blacklist nouveau
blacklist rivafb
blacklist nvidiafb
blacklist rivatv

2. Remove semua package driver nvidia yang terinstall

sudo apt-get --purge remove nvidia-*

3. Matikan komputer dan nyalakan lagi, ingat Shut down, jangan direstart

# Pilih menu “Exit to Console”

4. Pada saat loading, akan keluar error karena driver vga tidak ditemukan, pilih saja [OK]. Lalu, akan muncul beberapa pilihan. Pilih  menu “Exit to Console“. Tunggu beberapa saat, hingga muncul tampilan login seperti di terminal (berbasis console pokoknya). Login saja seperti biasa, masukkan username dan password Anda.

5. # Install Driver

sudo sh nama_driver, contoh :
sudo sh NVIDIA-Linux-x86-195.36.24-pkg1.run
6. Start GDM (Gnome Display Manager)

sudo service gdm start

jika pada langkah 4. anda berbeda, bukalah terminal, jika tampilan desktop terlihat besar jangan kuatir, itu adalah akibat dari driver vga yang sudah dihapus tadi, setelah buka terminal ketikkan

sudo stop gdm

Login saja seperti biasa, masukkan username dan password Anda. kemudian lakukan langkah 5. kemudian matikan komputer anda lagi dan nyalakan, jagan lupa untuk menghapus module yang diblacklist tadi.

Comments

Popular posts from this blog

MEMBUAT DOMAIN NAME EMAIL PRIBADI

bagi yang bosen ama domain name email standar kaya @gmail.com, @yahoo.com, @yahoo.co.id, kalian bisa menggunakan domain name sendiri, kan gak keren lo email perusahaan pake domain name umum, ketahuan banget tu perusahaan g bermodal wat bikin domain name email yang premium. tapi jangan takut, cara dibawah ini 100% FREE, caranyapun mudah, hanya saja butuh proses agak lama. tapi aku jamin dalam 48jam kalian bisa memiliki domain name pribadi seperti @bambang.co.cc, @merdeka-jateng.co.cc, dll. langsung aja berikut caranya: Langkah pertama: Masuk ke website co.cc, dan pada halaman depan tersebut, Anda akan melihat kotak pengecekan domain. Masukkan nama yang Anda inginkan, kemudian click Check Availability. Pastikan bahwa untuk nama domain tersebut tertulis Free. Jika tersedia, tetapi diharuskan membayar jumlah tertentu, Anda dapat mengulangi dengan memasukkan nama domain yang lain pada kotak pengecekan di bawahnya, kecuali memang Anda bersedia untuk membayarnya. Jika sudah, click Continue

Install Modem SmartFren Connex AC682 di Ubuntu

berikut cara install modem smartfren connex AC682 di ubuntu. diambil dari forum ubuntu indonesia secara garis besar yang perlu dipersiapkan adalah 1. instal wvdial, karena dengan konfigurasi modprobe biasa pada applet panel network manager dikenali sebagai modem GSM. 2. konfigruasi wvdial untuk smartfren 3. konfigurasi usb_modeswitch 4. dan konfigurasi file .rules berikut adalah langkah milih pinsuit dan einhejars, perbedaanya dua cara tersebut adalah pada konfirugasi file .rules (lihat langkah 10 milik pingsuit dan langkah 9 milik einhejars) berikut langkah-langkahnya :

TIPS : Membersihkan Cermin

cermin dikamar mandi anda terlihat hitam kusam? bayangan kita tak terlihat? kondisi cermin yang sudah lama tidak dibersihkan memang akan menjadi kusam, sehingga untuk bercermin saja bayangan kita menjadi tidak jelas. untuk membersihkan kotoran pada cermin tersebut sebenarnya sangat sederhana. cukup anda oleskan odol atau pasta gigi pada cermin anda, lalu gosoklah dengan sikat gigi bekas atau bisa menggunakan kain lap bersih secara memutar, setelah seluruh bagian cermin digosok dengan rata maka bilaslah dengan air dan lihatlah hasilnya, cermin anda kembali memantulkan bayangan kita dengan jelas.